ads here

Manfaat Buah Blewah

advertise here
Mengatasi Asam Urat
Blewah mempunyai nama latin Cucumis melo cantalupensis. Dilihat dari nilai gizinya, blewah merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik. Kandungan gizi blewah dapat dilihat pada Tabel 1.
Blewah merupakan sumber vitamin A (3.382 SI per 100 gram) dan beta-karoten yang sangat baik. Konsumsi 100 gram blewah cukup untuk memenuhi 67,6 persen kebutuhan tubuh akan vitamin A. kandungan vitamin A yang sangat tinggi ini hanya dapat disaingi oleh mangga, yaitu 6,151 SI per 100 gram. Vitamin A pada blewah termasuk ke dalam kategori unggul.
Kandungan vitamin A yang sangat tinggi pada blewah membuat buah ini sangat baik bagi perokok aktif maupun perokok pasif. Sebuah studi menyebutkan bahwa karsinogen pada rokok, yaitu benzo(a)pyrene dapat menyebabkan defisiensi vitamin A. namun, konsumsi buah-buahan yang kaya vitamin A dapat membantu melawan efek negatif dari rokok, bahkan sangat efektif untuk mencegah penyakit emfisema, yaitu penyakit pembengkakan pada paru-paru. Begitu pun, buah blewah kaya akan beta-karoten. (lihat lampiran)

Kandungan Air Tinggi
Selain vitamin A, blewah juga kaya akan vitamin C. kadar vitamin C pada blewah adalah 36,7 mg/100 gram. Konsumsi 100 gram blewah dapat memenuhi 61,4 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C. vitamin C dapat memacu sel darah putih melawan infeksi, membunuh bakteri dan virus, serta meregenerasi vitamin E. Vitamin E merupakan antioksidan yang larut dalam lemak, sedangkan vitamin C merupakan antioksidan yang larut dalam air (lihat lampiran).
Kandungan kalium pada blewah juga sangat baik. Di dalam 100 gram blewah terdapat 267 mg kalium, sedangkan kadar natriumnya hanya 16 mg, sehingga rasio kalium terhadap natrium adalah 16,1:1. Suatu makanan digolongkan sebagai makanan sehat untuk jantung dan pembuluh darah apabila mengandung rasio kalium terhadap natrium minimal 5:1 (lihat lampiran).
Seperti halnya buah-buahan lain, blewah kaya akan gula monosakarida, seperti sukroso dan fruktosa, sehingga sangat baik sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Selain itu, kandungan airnya yang sangat tinggi membuat buah ini dapat mengatasi dehidrasi setelah 12-14 jam tidak mengonsumsi air. Kandungan air yang tinggi pada blewah membuah buah ini sangat baik bagi penderita gout atau asam urat tinggi. Kandungan air yang tinggi dapat membantu pengeluaran asam urat dari dalam tubuh. Blewah juga merupakan sumber asam folat, serat, dan niasin yang cukup baik.
Dilihat dari nilai indeks glikemiknya, blewah juga cukup baik untuk penderita diabetes dan obesitas. Indeks glisemik merupakan sebuah metode untuk mengukur seberapa cepat glukosa diserat ke dalam darah. Penderita diabetes dan obesitas disarankan mengonsumsi makanan yang mempunyai indeks glikemik rendah. Buah blewah mempunyai indeks glikemiks 65, sehingga digolongkan ke dalam kategori sedang.

Baik Bagi Penderita Diabetes
Sayangnya, dibandingkan dengan kerabat terdekatnya, seperti buah melon maupun semangka, blewah kurang mendapat perhatian. Blewah baru populer ketika bulan puasa datan. Biasanya disajikan bersama kolang-kaling maupun timun suri sebagai berbuka puasa. Blewah juga sering disajikan sebagai jus buah. Dalam budaya masyarakat Barat, blewah bisa disajikan sebagai topping pada yogurt maupun sebagai selada buah.
Dilihat dari komposisi kimianya, blewah tidak mengandung komponen penyebab alergi. Blewah juga sangat jarang terkontaminasi oleh pestisida. Oleh karena itu, blewah dapat dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk oleh penderita diabetes sekalipun.


Seri Kesehatan Keluarga: Sehat dengan Buah
Penulis: Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS
DIAN RAKYAT (c) 2008
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()